Competition

Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 02 Juli 2013

Lomba Debat FEKSI 2013


Ketentuan Lomba Debat FEKSI 2013

| 31 Comments
Secara umum, nyaris tidak ada perubahan pada tata cara lomba debat Festival Ekonomi Kreatif Tk SMA dan Sederajat se-Indonesia (FEKSI) 2013 dibanding FEKSI 2010,  2011, dan 2012. Setiap tim terdiri dari tiga orang dan setiap sekolah maksimal boleh mengirimkan dua tim debat.
Dari sisi penyelenggaraan, event FEKSI tahun ini diselenggarakan di 12 kota tujuan –Manado, Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Jogjakarta, Denpasar, Banjarmasin, Pekanbaru, dan Makassar– hanya berlangsung satu hari. Babak penyisihan, semifinal, hingga final di tiap kota berlangsung pada hari yang sama. Inilah selengkapnya persyaratan dan aturan pelaksanaan lomba debat FEKSI 2013:
1.    Lomba debat tentang Ekonomi Kreatif ini akan mempertandingkan antar tim SMA atau sederajat di 12 kota besar di Indonesia: Manado, Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Jogjakarta, Surabaya, Denpasar, Banjarmasin, Pekanbaru, dan Makassar.
2.    Setiap tim debat  terdiri dari 3 orang. Setiap sekolah boleh mengirimkan maksimal 2 tim debat.
3.    Peserta lomba debat adalah siswa kelas X dan XI.
4.    Setiap tim debat didampingi oleh 1 orang guru pendamping/pembimbing.
5.    Apabila sebuah sekolah mengirimkan lebih dari 1 tim debat, maka guru pembimbing seyogianya berlainan.
6.    Peserta lomba debat DILARANG MERANGKAP menjadi peserta lomba lain yang diadakan dalam FEKSI 2013 (lomba menulis artikel). Begitu sebaliknya.
7.    Setiap tim harus mempelajari semua tema yang akan diperdebatkan saat lomba. Tema yang akan dijadikan bahan debat adalah sebagai berikut:
a. Ekonomi Kreatif dan Pertumbuhan Ekonomi Nasional.
b. Ekonomi Kreatif dan Bangga Produk Dalam Negeri.
c. Ekonomi Kreatif dan Budaya Kewirausahaan.
8.    Pendaftaran peserta debat dilaksanakan dengan mengirimkan formulir pendaftaran yang sudah diisi lengkap melalui e-mail: feksisps@gmail.com, ke Panitia Lomba hingga 3 (tiga) hari menjelang hari H lomba ATAU hingga jumlah peserta lomba debat sudah mencapai 30 TIM di setiap kota. Jika jumlah peserta debat sudah 30 tim, maka pendaftaran langsung DITUTUP meskipun belum sampai batas waktu penutupan seperti ketentuan semula (H minus 3).
9.    Formulir pendaftaran lomba debat bisa diperoleh di alamat http://j.mp/FEKSIdebat
10.    Panitia TIDAK AKAN mengadakan technical meeting sebelum hari H.
11.    Pengambilan Nomor Undian peserta debat akan diadakan pada hari H, Pk. 07.00 – 08.00 waktu setempat sambil registrasi ulang seluruh peserta lomba debat. Usai registrasi, panitia akan memberikan briefing kepada seluruh peserta sebelum lomba debat berlangsung.
12.    Sejak babak penyisihan hingga final, panitia akan menggunakan tiga tema yang sudah ditetapkan sebagai bahan debat. Tema akan terus berganti, namun tetap mengacu pada ketiga tema di atas, dalam setiap putaran debat.
13.    Debat ini menggunakan sistem PERINGKAT atau RANKING.
14.    Pada babak penyisihan, akan diambil 10 tim dengan peringkat tertinggi/terbaik, untuk selanjutnya maju ke babak Semifinal pada hari itu juga.
15.    Pada babak semifinal, akan diambil 3 tim terbaik dengan peringkat tertinggi untuk maju babak Final.
16.    Setiap debat akan bertanding 2 – 4 tim yang saling berhadapan, dengan dipandu seorang moderator, dengan durasi debat antara 15 – 30 menit, bergantung jumlah peserta yang mengikuti debat.
17.    Dalam setiap sesi debat, Moderator dan Dewan Juri akan menguji peserta dengan berbagai pertanyaan yang relevan dan saling dikonfrontasi dengan tim peserta lain jika dipandang perlu.
18.    Setiap putaran debat akan menyajikan dua sampai tiga tema yang diajukan oleh moderator yang terbagi dalam 3 (Tiga) Bagian atau Segmen:
ü    Segmen I, setiap tim debat akan diminta oleh moderator untuk menyampaikan sebuah pernyataan awal selama maks 1 menit atas satu tema yang disodorkan oleh moderator.
ü    Segmen II, moderator mempersilakan Juri untuk melontarkan pertanyaan ujian kepada masing-masing tim. Tiap tim diberi waktu maksimal 1 (satu) menit untuk menjawab pertanyaan juri tersebut. Tidak semua juri akan bertanya, hanya diwakilkan kepada salah satu juri di setiap putaran.
ü    Segmen III, moderator akan melempar pertanyaan kedua yang akan diperdebatkan secara bebas oleh para peserta, dengan sistem rebutan (siapa cepat dia mendapat giliran pertama menjawab). Selanjutnya jika ada jawaban-jawaban yang berbeda atau berlawanan antar tim, maka tugas moderator untuk saling memperdebatkan jawaban-jawaban tersebut. Setiap tim mendapat 3 (tiga) kali kesempatan bicara masing-masing lk 1 menit pada segmen ini. Durasi perdebatan pada Segmen III ini secara keseluruhan berlangsung antara 7 – 10 menit. Saat berlangsung perdebatan bebas antartim ini, moderator akan mengendalikan suasana perdebatan agar tidak terjadi debat kusir antartim yang sedang bertanding. Dewan juri hanya akan menyaksikan dan sekaligus menilai kualitas perdebatan setiap tim tersebut.
19.    Setiap pendapat memperoleh apresiasi sama. Tidak ada vonis benar atau salah dalam berpendapat atau berdebat. Juri akan menilai dari sisi substansi pendalaman masalah dan logika solusi yang ditawarkan, serta gaya komunikasi yang ditampilkan oleh peserta. Termasuk soal etika dalam berbicara.
20.    Saat sesi debat berlangsung di ruangan, semua peserta (tim-tim yang sudah atau belum bertanding) diperbolehkan masuk mengikuti jalannya debat.
21.    Agar tidak muncul potensi saling menjiplak argumentasi, moderator dan juri akan menyusun dan melontarkan isu-isu berdasarkan sub tema/topik yang berlainan dari topik utama yang diperdebatkan.
22.    Selama perdebatan, para peserta diwajibkan menggunakan bahasa Indonesia yang baku, dan bukan bahasa daerah apalagi bahasa “gaul”.
23.    Dewan Juri sebanyak 3 orang (unsur Praktisi, Perguruan Tinggi, dan SPS), akan menilai performa para peserta debat. Parameter penilaian meliputi:
ü    Penguasaan masalah/tema (40%) -> Juri dari praktisi ekonomi kreatif.
ü    Logika pendapat yang dikemukakan dalam mendebat (30%) -> Juri dari akademisi Perguruan Tinggi lokal.
ü    Penampilan, meliputi Intonasi, gaya bicara, dan etika bicara (30%) -> Juri dari SPS Pusat.
24.    Panitia akan memberikan hadiah bagi 3 pemenang utama (sertifikat, trophy, dan uang pembinaan) dan sertifikat serta hadiah hiburan bagi 7 nominator.
25.    Seluruh Peserta dan Guru Pendamping akan memperoleh SERTIFIKAT dari Panitia.
26.    Pemenang I Lomba Debat di setiap kota terdiri dari 3 (tiga) orang siswa dan 1 (satu) orang guru pendamping, akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti Grand Final Lomba Debat guna dicarikan pemenang Tk Nasional, sekaligus beramah-tamah dengan Menteri Perdagangan RI. Seluruh biaya perjalanan ke Jakarta ditanggung oleh Panitia Lomba.
27.    Grand Final direncanakan akan diselenggarakan di Jakarta, pada November 2013 (menyesuaikan jadwal Menteri Perdagangan).
28.    Pemenang I Tk Nasional dalam Grand Final Lomba Debat akan memperoleh sertifikat, trophy bergilir Menteri Perdagangan RI, dan uang pembinaan. Seluruh guru pendamping/pembimbing peserta grand final lomba debat, juga akan memperoleh sertifikat dan merchandise dari panitia.

0 komentar:

Posting Komentar