Secara umum, nyaris tidak ada perubahan pada tata cara lomba
debat Festival Ekonomi Kreatif Tk SMA dan Sederajat se-Indonesia (FEKSI)
2013 dibanding FEKSI 2010, 2011, dan 2012. Setiap tim terdiri dari
tiga orang dan setiap sekolah maksimal boleh mengirimkan dua tim debat.
Dari sisi penyelenggaraan, event FEKSI tahun ini diselenggarakan di
12 kota tujuan –Manado, Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang,
Surabaya, Jogjakarta, Denpasar, Banjarmasin, Pekanbaru, dan Makassar–
hanya berlangsung satu hari. Babak penyisihan, semifinal, hingga final
di tiap kota berlangsung pada hari yang sama. Inilah selengkapnya
persyaratan dan aturan pelaksanaan lomba debat FEKSI 2013:
1. Lomba debat tentang Ekonomi Kreatif ini akan mempertandingkan
antar tim SMA atau sederajat di 12 kota besar di Indonesia: Manado,
Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Jogjakarta, Surabaya,
Denpasar, Banjarmasin, Pekanbaru, dan Makassar.
2. Setiap tim debat terdiri dari 3 orang. Setiap sekolah boleh mengirimkan maksimal 2 tim debat.
3. Peserta lomba debat adalah siswa kelas X dan XI.
4. Setiap tim debat didampingi oleh 1 orang guru pendamping/pembimbing.
5. Apabila sebuah sekolah mengirimkan lebih dari 1 tim debat, maka guru pembimbing seyogianya berlainan.
6. Peserta lomba debat DILARANG MERANGKAP menjadi peserta lomba lain
yang diadakan dalam FEKSI 2013 (lomba menulis artikel). Begitu
sebaliknya.
7. Setiap tim harus mempelajari semua tema yang akan diperdebatkan
saat lomba. Tema yang akan dijadikan bahan debat adalah sebagai berikut:
a. Ekonomi Kreatif dan Pertumbuhan Ekonomi Nasional.
b. Ekonomi Kreatif dan Bangga Produk Dalam Negeri.
c. Ekonomi Kreatif dan Budaya Kewirausahaan.
8. Pendaftaran peserta debat dilaksanakan dengan mengirimkan formulir
pendaftaran yang sudah diisi lengkap melalui e-mail:
feksisps@gmail.com, ke Panitia Lomba hingga 3 (tiga) hari menjelang hari
H lomba ATAU hingga jumlah peserta lomba debat sudah mencapai 30 TIM di
setiap kota. Jika jumlah peserta debat sudah 30 tim, maka pendaftaran
langsung DITUTUP meskipun belum sampai batas waktu penutupan seperti
ketentuan semula (H minus 3).
9. Formulir pendaftaran lomba debat bisa diperoleh di alamat
http://j.mp/FEKSIdebat
10. Panitia TIDAK AKAN mengadakan
technical meeting sebelum hari H.
11. Pengambilan Nomor Undian peserta debat
akan diadakan pada hari H, Pk. 07.00 – 08.00 waktu setempat sambil
registrasi ulang seluruh peserta lomba debat. Usai registrasi, panitia
akan memberikan briefing kepada seluruh peserta sebelum lomba debat
berlangsung.
12. Sejak babak penyisihan hingga final, panitia akan menggunakan
tiga tema yang sudah ditetapkan sebagai bahan debat. Tema akan terus
berganti, namun tetap mengacu pada ketiga tema di atas, dalam setiap
putaran debat.
13. Debat ini menggunakan sistem PERINGKAT atau RANKING.
14. Pada babak penyisihan, akan diambil 10 tim dengan peringkat
tertinggi/terbaik, untuk selanjutnya maju ke babak Semifinal pada hari
itu juga.
15. Pada babak semifinal, akan diambil 3 tim terbaik dengan peringkat tertinggi untuk maju babak Final.
16. Setiap debat akan bertanding 2 – 4 tim yang saling berhadapan,
dengan dipandu seorang moderator, dengan durasi debat antara 15 – 30
menit, bergantung jumlah peserta yang mengikuti debat.
17. Dalam setiap sesi debat, Moderator dan Dewan Juri akan menguji
peserta dengan berbagai pertanyaan yang relevan dan saling dikonfrontasi
dengan tim peserta lain jika dipandang perlu.
18. Setiap putaran debat akan menyajikan dua sampai tiga tema yang
diajukan oleh moderator yang terbagi dalam 3 (Tiga) Bagian atau Segmen:
ü Segmen I, setiap tim debat akan diminta oleh moderator untuk
menyampaikan sebuah pernyataan awal selama maks 1 menit atas satu tema
yang disodorkan oleh moderator.
ü Segmen II, moderator mempersilakan Juri untuk melontarkan
pertanyaan ujian kepada masing-masing tim. Tiap tim diberi waktu
maksimal 1 (satu) menit untuk menjawab pertanyaan juri tersebut. Tidak
semua juri akan bertanya, hanya diwakilkan kepada salah satu juri di
setiap putaran.
ü Segmen III, moderator akan melempar pertanyaan kedua yang akan
diperdebatkan secara bebas oleh para peserta, dengan sistem rebutan
(siapa cepat dia mendapat giliran pertama menjawab). Selanjutnya jika
ada jawaban-jawaban yang berbeda atau berlawanan antar tim, maka tugas
moderator untuk saling memperdebatkan jawaban-jawaban tersebut. Setiap
tim mendapat 3 (tiga) kali kesempatan bicara masing-masing lk 1 menit
pada segmen ini. Durasi perdebatan pada Segmen III ini secara
keseluruhan berlangsung antara 7 – 10 menit. Saat berlangsung perdebatan
bebas antartim ini, moderator akan mengendalikan suasana perdebatan
agar tidak terjadi debat kusir antartim yang sedang bertanding. Dewan
juri hanya akan menyaksikan dan sekaligus menilai kualitas perdebatan
setiap tim tersebut.
19. Setiap pendapat memperoleh apresiasi sama. Tidak ada vonis benar
atau salah dalam berpendapat atau berdebat. Juri akan menilai dari sisi
substansi pendalaman masalah dan logika solusi yang ditawarkan, serta
gaya komunikasi yang ditampilkan oleh peserta. Termasuk soal etika dalam
berbicara.
20. Saat sesi debat berlangsung di ruangan, semua peserta (tim-tim
yang sudah atau belum bertanding) diperbolehkan masuk mengikuti jalannya
debat.
21. Agar tidak muncul potensi saling menjiplak argumentasi, moderator
dan juri akan menyusun dan melontarkan isu-isu berdasarkan sub
tema/topik yang berlainan dari topik utama yang diperdebatkan.
22. Selama perdebatan, para peserta diwajibkan menggunakan bahasa
Indonesia yang baku, dan bukan bahasa daerah apalagi bahasa “gaul”.
23. Dewan Juri sebanyak 3 orang (unsur Praktisi, Perguruan Tinggi,
dan SPS), akan menilai performa para peserta debat. Parameter penilaian
meliputi:
ü Penguasaan masalah/tema (40%) -> Juri dari praktisi ekonomi kreatif.
ü Logika pendapat yang dikemukakan dalam mendebat (30%) -> Juri dari akademisi Perguruan Tinggi lokal.
ü Penampilan, meliputi Intonasi, gaya bicara, dan etika bicara (30%) -> Juri dari SPS Pusat.
24. Panitia akan memberikan hadiah bagi 3 pemenang utama (sertifikat,
trophy, dan uang pembinaan) dan sertifikat serta hadiah hiburan bagi 7
nominator.
25. Seluruh Peserta dan Guru Pendamping akan memperoleh SERTIFIKAT dari Panitia.
26. Pemenang I Lomba Debat di setiap kota terdiri dari 3 (tiga) orang
siswa dan 1 (satu) orang guru pendamping, akan diundang ke Jakarta
untuk mengikuti Grand Final Lomba Debat guna dicarikan pemenang Tk
Nasional, sekaligus beramah-tamah dengan Menteri Perdagangan RI. Seluruh
biaya perjalanan ke Jakarta ditanggung oleh Panitia Lomba.
27. Grand Final direncanakan akan diselenggarakan di Jakarta, pada November 2013 (menyesuaikan jadwal Menteri Perdagangan).
28. Pemenang I Tk Nasional dalam Grand Final Lomba Debat akan
memperoleh sertifikat, trophy bergilir Menteri Perdagangan RI, dan uang
pembinaan. Seluruh guru pendamping/pembimbing peserta grand final lomba
debat, juga akan memperoleh sertifikat dan merchandise dari panitia.