Competition

Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 18 April 2013

Di Microsoft pun Mayoritas Karyawannya Adalah Warga India (Biren Nanda/ Indian Ambasador for Indonesia)


Di Microsoft pun Mayoritas Karyawannya Adalah Warga India (Biren Nanda/ Indian Ambasador for Indonesia)

Di Microsoft pun Mayoritas Karyawannya Adalah Warga India
Sabtu, 09 Januari 2010 15:05

Sukses menyelenggarakan pameran bertajuk “Made in India” yang berlangsung pada 7‒10 Agustus lalu di Jakarta, Biren Nanda, Duta Besar India untuk Indonesia, optimistis tren investasi India di Indonesia akan terus meningkat seiring pertumbuhan ekonomi kedua negara. Kendati demikian, Biren tidak menampik meningkatnya investasi perusahaan-perusahaan India di Indonesia secara tidak langsung akan turut membawa eksekutif asal India dalam operasional perusahaan India di negara ini. Belum lagi ditambah eksekutif India yang banyak bekerja di perusahaan-perusahaan multinasional yang beroperasi di Indonesia ataupun di kelompok-kelompok usaha besar negeri ini. Dengan kata lain, jumlah eksekutif asal India yang meniti karier di Tanah Air juga meningkat.

Apakah merebaknya eksekutif asal India yang mengembangkan karier di Indonesia ini akan mengancam keberadaan eksekutif lokal di Indonesia? Berikut tanggapan Biren Nanda yang disampaikan kepada Wendy Hutahaean dari Warta Ekonomi dalam sebuah wawancara eksklusif, Rabu (19/8), di Kedutaan Besar India di Jakarta. Petikannya:

Bagaimana perkembangan investasi perusahaan-perusahaan India di Indonesia hingga saat ini?

Sebagai negara bertetangga yang memiliki potensi pasar yang luar biasa, Indonesia merupakan salah satu mitra utama India di bidang ekonomi dan perdagangan. Dari tahun ke tahun nilai perdagangan antara Indonesia dan India cenderung naik, begitu pula dengan investasi India di Indonesia. Pada 2005 terjadi peningkatan investasi hingga dua kali lipat yakni sebesar US$10 miliar. Nah, tahun ini ada beberapa perusahaan baru India yang berinvestasi di Indonesia di bidang pengolahan logam. Saya optimistis tren investasi India di Indonesia akan terus meningkat seiring pertumbuhan ekonomi kedua negara.

Pendapat Anda tentang makin banyaknya CEO atau eksekutif asal India di beberapa perusahaan multinasional?

Hal ini wajar. Jika dihitung dari total penduduk India maupun keturunan India di dunia dibandingkan dengan total penduduk dunia, maka perbandingannya adalah satu berbanding sepuluh. Hal ini didukung pula dengan pertumbuhan penduduk India dari tahun ke tahun. Keadaan ini secara tidak langsung mendorong penyebaran warga India di seluruh dunia. Kalau tentang kemampuan mereka menduduki posisi penting di berbagai perusahaan multinasional, hal ini tergantung pada kualitas kepemimpinan mereka. Kalau mereka sanggup menjadi CEO, mereka akan dipilih tanpa memedulikan apakah mereka berasal dari India atau dari belahan dunia mana pun. Jadi, kompetensi para CEO tersebut akan lebih diperhitungkan daripada dari mana mereka berasal.

Apakah yang mendorong banyak warga India lebih memilih melanjutkan karier mereka di luar negeri, bahkan sampai berhasil menduduki posisi CEO perusahaan multinasional?

Ada beberapa penyebab para warga India melanjutkan karier mereka di luar negeri. Globalisasi merupakan salah satu penyebab migrasi tersebut. Saat ini batas-batas negara sudah tidak lagi menjadi penghalang untuk karier seseorang. Warga India sejak dahulu terkenal sebagai penjelajah berbagai samudra untuk keperluan perdagangan, bahkan hingga kini masih terlihat dampaknya. Banyak di antara warga India tersebut sukses berbisnis di negara lain dan akhirnya menjadi warga negara tempat mereka berusaha setelah berpuluh tahun tinggal di negara tersebut. Penyebab kedua adalah motivasi untuk maju yang selalu menjadi semangat kebanyakan orang India. Kami selalu ingin sukses dalam pekerjaan yang kami tekuni. Itulah sebabnya banyak bermunculan para eksekutif yang berasal dari India di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Selain itu, kompetisi dalam berbagai bidang, baik yang terjadi di India maupun di dunia, seperti pada bidang ekonomi dan perdagangan, telah menjadikan warga India sebagai warga dunia yang kompetitif di mana pun berada. Alasan keempat adalah latar belakang pendidikan di India yang sangat ketat. Para pelajar sudah dibekali berbagai kemampuan seperti bahasa Inggris, teknologi, dan pengetahuan sejak kecil sehingga mampu menghadapi persaingan global.

Bagaimana para eksekutif India bisa unggul dibandingkan eksekutif negara lain?

Saya tidak dapat menjelaskan hal ini secara subjektif karena cenderung chauvinisme. Namun, secara objektif yang saya dengar dari orang-orang bahwa eksekutif asal India dapat bersaing dengan eksekutif lainnya di dunia. Hal ini dimulai dari sistem pendidikan di India yang pada umumnya selalu mengikuti perkembangan dunia. Banyak perusahaan multinasional yang merekrut karyawan dari India. Sebagai contoh, di perusahaan perangkat lunak terbesar, Microsoft, mayoritas karyawannya adalah warga India. Hal ini membuktikan kompetensi warga India dalam globalisasi. Selain itu, semangat dan motivasi untuk maju juga menjadi pendorong perkembangan tersebut.

Perbandingan antara gaji dan insentif para eksekutif India dibandingkan dengan eksekutif lain, seperti eksekutif asal Eropa atau Amerika, cenderung lebih rendah. Apa pendapat Anda?

Rendah atau tingginya gaji seseorang tergantung kualifikasinya. Sejauh pengamatan saya, para eksekutif India dibayar dengan layak. Kalau masalah gaji mereka lebih besar atau kecil, saya kurang mengetahuinya. Pada umumnya warga India hidup sederhana dan cenderung tidak berfoya-foya. Hal ini mungkin menjadikan pendapatan yang mereka terima itu layak bagi mereka. Besar kecilnya gaji seseorang itu bersifat relatif dan tergantung kepuasan orang tersebut terhadap pendapatan yang diterimanya. Lagi pula, sekarang ini sistem pay for performance sudah umum dijalankan, bahkan jumlahnya lebih besar daripada gaji. Jadi, jangan berpatokan pada seberapa besar gaji yang diterima seseorang, melainkan apakah orang tersebut puas akan pendapatannya serta bagaimana cara hidupnya.

Apakah akan terjadi peningkatan munculnya CEO India di berbagai negara, termasuk Indonesia, pada masa mendatang?

Saya kurang tahu mengenai hal tersebut. Namun, yang jelas, globalisasi telah mendorong orang tertarik untuk merasakan kehidupan di berbagai negara, termasuk warga India. Begitu pun dengan warga Indonesia, banyak yang sukses menjadi CEO di berbagai perusahaan dunia. Pertumbuhan ekonomi yang pesat akan mendorong investasi India di berbagai negara. Perusahaan-perusahaan India yang berinvestasi di berbagai negara secara tidak langsung akan turut membawa warga India dalam jajaran perusahaannya di samping penyerapan warga lokal. Kualifikasi seseorang dan kepemimpinannya akan lebih menentukan apakah ia dipercaya menjadi pemimpin perusahaan tanpa memedulikan dari mana asalnya. Begitu pun dengan warga India yang dipercaya menjadi CEO di berbagai perusahaan.

Ditulis Oleh:
Wendy Hutahaean ( redaksi@wartaekonomi.com Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya )

Tulisan ini bersumber dari majalah Warta Ekonomi No 18 tahun XXI. Judul asli tulisan ini adalah "Di Microsoft pun Mayoritas Karyawannya Adalah Warga India."

0 komentar:

Posting Komentar