Competition

Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 26 April 2013

Teacher Competition - Lomba Media Pembelajaran

Lomba Media Pembelajaran

Konsep
Teknologi informasi dan komunikasi berkembang dengan pesat dari masa ke masa, perkembangan ini berdampak terhadap berbagai aspek kehidupan manusia termasuk dunia pendidikan. Khusus untuk pendidikan perlu didorong, dibina dan ditingkatkan secara terus menerus melalui berbagai cara dan upaya pemanfaatan TIK dalam pendidikan secara tepat guna. Kemdikbud dalam hal ini PUSTEKKOM mengembangkan konten-konten pembelajaran yang telah di publish dalam RUMAH BELAJAR, mendorong kreativitas dan partisipasi  masyarakat dalam mengembangkan konten-konten pembelajaran di http://belajar.kemdikbud.go.id. PUSTEKKOM menyelenggarakan suatu kegiatan �LOMBA PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN�.
Pengertian
  1. Media audio berisi sajian materi pembelajaran dalam format audio (MP3, Wav, MP4).
  2. Media video berisi sajian materi pembelajaran dalam format video (WMV/MOV/AVI).
  3. Media animasi berisi sajian materi pembelajaran dalam format SWF.
  4. Media simulasi berisi sajian materi pembelajaran di mana terdapat interaktivitas antara user dan program dalam format SWF/EXE/COM.
  5. Media presentasi berisi sajian materi pembelajaran dalam format PPT/SWF/ODP dan lainnya.
  6. Multimedia pembelajaran berisi sajian materi pembelajaran yang merupakan kombinasi dari berbagai media dan dikemas secara interaktif dalam format SWF/EXE/COM dan lainnya.
Tujuan
Lomba pengembangan media pembelajaran bertujuan untuk :
  1. Mendorong kreativitas, inovasi, dan partisipasi pendidik, peserta didik serta masyarakat umum dalam pengembangan media pembelajaran berbasis TIK.
  2. Dihasilkannya sejumlah karya lomba media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan pendidik, peserta didik serta masyarakat umum dalam pembelajaran.
Sasaran
Pendidik dan peserta didik (guru, siswa atau kolaborasi antara guru dan siswa) pada semua jenjang (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK) yang mewakili sekolah.
Sub Kategori
  1. Lomba Media Audio Pembelajaran
  2. Lomba Media Video Pembelajaran
  3. Lomba Media Animasi Pembelajaran
  4. Lomba Media Simulasi Pembelajaran
  5. Lomba Media Presentasi Pembelajaran
  6. Lomba Multimedia Pembelajaran Interaktif
Mekanisme Pelaksanaan
Seluruh peserta mendaftarkan dan mengirimkan hasil karya ke web lomba/rumah belajar http://belajar.kemdikbud.go.id/kihajar
Lomba dilaksanakan secara terpusat.
  1. Peserta mendaftar secara on line.
  2. Setelah berhasil mendaftar, peserta mengirimkan karya atau mengupload langsung pada alamat http://belajar.kemdikbud.go.id/kihajar atau jika tidak berhasil upload, peserta dapat mengirimkan karya melalui pos kepada panitia lomba.
  3. Peserta dari provinsi yang menyelenggarakan lomba tingkat provinsi, maka karya lomba juga dapat disertakan pada lomba tersebut.
Aspek Penilaian
Penilaian dapat dilihat dari beberapa aspek umum penilaian sebagai berikut :
  • Subtansi Materi, meliputi : kesesuaian dengan kurikulum, kebenaran isi, dan keutuhan materi.
  • Desain Pembelajaran, meliputi kesesuaian antara tujuan pembelajaran dengan  kandungan presentasi, kesesuaian dengan karakteristik peserta belajar.
  • Media
    • (Desain Komunikasi Visual), meliputi visualisasi ide (krativitas),pusat perhatian, keseimbangan, kontras, kesinambungan, proporsi, harmoni.
    • (Audio), meliputi; (narasi, sound effect, backsound,musik)
    • (RPL), meliputi ; Reliable (handal),Maintainable (dapat dipelihara/dikelola dengan mudah),Usabilitas (mudah digunakan dan sederhana dalam pengoperasiannya),Ketepatan pemilihan jenis aplikasi/software,Kompatibilitas ,Pemaketan program media,Dokumentasi program (petunjuk, trouble, desain program),Reusable
Waktu Pelaksanaan
Bulan Mei � Oktober 2012
 Dewan juri terdiri dari unsur-unsur :
         Pakar/praktisi Pendidikan (Ahli Materi)
         Pakar/praktisi Desain Pembelajaran
         Pakar/praktisi Media Pembelajaran
 
Download Lomba Media Pembelajaran

0 komentar:

Posting Komentar